Ayo Sinau...!!!

Sabtu, 11 Oktober 2014

Tanda Koma: Kawan, Seberapa Cepat Kamu Berlari

TANDA KOMA
KAWAN, SEBERAPA CEPAT KAMU BERLARI

Oleh: Tomy Muhlisin Ahmad




Assalaamualaikum wr wb.
Puja dan puji syukur kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik hidayah dan inayahNya, sehingga kebahagiaan dan kesejahteraan masih menyertai kita semua.
            Tanda Koma, sebuah tema karya akhir Seni Rupa kelas XII SmansArt dalam rangkaian ujian praktek tahun pelajaran 2013/2014 yang kedengarannya memang nyleneh, asing, kreatif, dan unik. Tanda Koma merupakan sebuah simbol yang memiliki banyak arti makna dalam berbagai perspektif dan filosofi kehidupan.
Tanda Koma perspektif kemaknaan. Tanda Koma  mengandung filosofi hidup yang berkaitan dengan prinsip hidup. Dimana harus berhenti atau berlanjut, tidak semua orang mempunyai pegangan hidup, tujuan hidup, prinsip hidup maupun filosofi hidup. Tentunya hal ini cukup berbeda di antara satu dengan lainnya dalam menyikapinya. Karena, setiap orang itu tidak sama, setiap orang itu unik, setiap orang merupakan mahkluk individualisme yang membedakan satu dengan lainnya. Ada yang mempunyai tujuan hidup yang begitu kuat, namun prinsip hidupnya lemah, atau sebaliknya ada orang yang mempunyai tujuan hidup yang lemah, namun memiliki prinsip hidup yang kuat. Ini tidaklah menjadi suatu permasalahan, yang penting seberapa baiknya seseorang menyambung hidupnya dengan berbagai persoalan dunia yang ada. Apabila ada kemauan pasti Tuhan memberikan jalan apa yang diinginkan, walaupun kegagalan itu selalu menghampirinya. Tapi, janganlah pernah takut gagal, biarkan kegagalan itu datang bertubi-tubi sampai dia bosan dan meninggalkannya.
            Sebuah mimpi atau asa itu tidaklah semudah apa yang kita bayangkan, tidak semulus apa yang diperkirakan tapi harus ada kerja keras dan pengorbanan. Akan selalu ada kebaikan meski terkadang harus merasakan sakit terlebih dahulu dan kata menyerah adalah milik orang yang lemah, jadikan lebih berani daripada yang dipercaya dan lebih kuat daripada yang dipikirkan. Untuk mencapai mimpi-mimpi ataupun harapan yang besar haruslah ada perjuangan dan pengorbanan yang besar pula. Ada keinginan untuk memulai juga harus mempunyai keberanian dan keinginan untuk menyelesaikannya, bukan hanya mengakhiri. Kepercayaan diri merupakan sebuah kunci meraih kesuksesan, biarkanlah orang meremehkan, tapi jangan biarkan diri meremehkan diri sendiri. Apapun impiannya, yakini saja bahwa suatu saat bisa mewujudkannya. Keraguan hanya akan melemahkan, dan segera laksanakan rencana keberhasilan, jangan menunda dan jangan membuang waktu, karena waktu tidak bisa menunggu.
            Tanda Koma dalam arti “berhenti sejenak” untuk berfikir bagaimana cara menghapus kesalahan – kesalahan yang sudah tertulis, tapi Tuhan Maha Adil selalu menciptakan sesuatu yang berpasang – pasangan, tidak lain pensil dengan penghapusnya, Tuhan memberikan penghapus untuk menghapus kesalahan – kesalahan yang sudah tertulis hitam, Tanda Koma merupakan akhiran yang tepat bagaimana untuk melanjutkan ke lembaran – lembaran baru yang masih bersih dan putih. Semua itu bukan semata-mata karena diri sendiri ataupun orang lain, tetapi disisi lain ada yang mengatur atau ikut campur tangan dalam semua segala urusan. Karena Tuhan  memberikan banyak jalan agar dapat melangkah dan berusaha keluar. Berusaha dan percayalah bahwa ada campur tangan Tuhan dibalik itu semua yang akan membimbing ke jalan impian dan jangan habiskan waktu untuk memimpikan sesuatu yang tidak mungkin terjadi ketika bisa bangun dan membuat sesuatu bisa terjadi.
            Tidak ada salahnya dan banyak manfaatnya, jika saya pribadi dan teman – teman kelas XII mengucapkan banyak terima kasih kepada semua warga SmansART.

Tidak ada komentar: